mereka membutuhkan orang tua yang memahami, mencintai, dan tidak menyerah...sebab, dibalik segala masalah yang tampak, mereka adalah anak-anak yang istimewa (kompas, 12-3-2011)

Kamis, 08 Desember 2011

Kumpulan Posting Keluarga ADHD

Beberapa posting dari orang tua ADHD (sumber: addconnect - additugemag artikel 5 Des 2011), saran-saran yang dapat memberi penguatan untuk orang tua :

  • Cari dukungan dan informasi dari orang lain yang mengalami kondisi serupa dengan kita (sesama orang tua, group pendukung, komunitas, dll).
  • Berikan terapi kepada anak secepatnya dengan bantuan tenaga profesional. ADHD dapat ditangani. Ikatan keluarga yang baik akan memberikan dukungan besar dalam hal ini.
  • Cari advis dari dokter anak yang sangat ahli dalam menghadapi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Jika tidak ada referensi, telpon Rumah Sakit bagian Klinik Anak untuk rekomendasi atau bertanya kepada sesama orang tua, group, komunitas.
  • Perhatikan diri kita. Pergi makan siang bersama teman, merawat diri (spa, manicure, creambath, facial dll), meluangkan waktu dengan pasangan.
  • Sadari dan terima kondisi istimewa ini, kita dapat membuat keadaan lebih baik tetapi jangan bandingkan diri kita dengan orang lain ~ karena keluarga kita memang beda dari keluarga regular, special family with special kids.

Kita tidak sendiri, ada banyak dari 'kita' di luar sana...together we are stronger...take care of yourself!


Salam,
aprilrose

2 komentar:

  1. anak saya penderita ADHD, tidaklah mudah bagi saya untuk merawatnya karena membutuhkan biaya yg sangat besar dari terapi saja saya hanya mampu terpi SI 1 minggu 1x, belum lagi sulitnya mencari sekolah yg bisa menerima keadaan anak saya, kalaupun ada dipastikan biaya perbulannya jutaan rupiah, ini diluar kemampuan penghasilan saya yg hanya seorang buruh. Tapi saya tidak menyerah..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear vr.man89, salut dengan semangat anda. Terapi dari tenaga ahli jika dibutuhkan memang membantu. Dari pengalaman saya terapi perilaku sehari-hari dari orang tua tetap menjadi yang utama dan mendapatkan sekolah yang tepat akan membawa banyak perbaikan pada kondisi anak. Akan ada jalan dan solusi untuk orang tua yang tidak menyerah dan terus mencari informasi. Terima kasih.

      Hapus